I. PENDAHULUAN
A. Pengertian
Kegiatan
 menganalisis butir soal merupakan suatu kegiatan yang harus dilakukan 
guru untuk meningkatkan mutu soal yang telah ditulis. Kegiatan ini 
merupakan proses pengumpulan, peringkasan, dan penggunaan informasi dari
 jawaban siswa untuk membuat keputusan tentang setiap penilaian (Nitko, 
1996: 308). Tujuan penelaahan adalah untuk mengkaji dan menelaah setiap 
butir soal agar diperoleh soal yang bermutu sebelum soal digunakan. 
Di samping itu, tujuan analisis butir soal juga untuk membantu meningkatkan tes melalui revisi atau membuang soal yang tidak efektif, serta untuk mengetahui informasi diagnostik pada siswa apakah mereka sudah/belum memahami materi yang telah diajarkan (Aiken, 1994: 63). Soal yang bermutu adalah soal yang dapat memberikan informasi setepat-tepatnya sesuai dengan tujuannya di antaranya dapat menentukan peserta didik mana yang sudah atau belum menguasai materi yang diajarkan guru.
Di samping itu, tujuan analisis butir soal juga untuk membantu meningkatkan tes melalui revisi atau membuang soal yang tidak efektif, serta untuk mengetahui informasi diagnostik pada siswa apakah mereka sudah/belum memahami materi yang telah diajarkan (Aiken, 1994: 63). Soal yang bermutu adalah soal yang dapat memberikan informasi setepat-tepatnya sesuai dengan tujuannya di antaranya dapat menentukan peserta didik mana yang sudah atau belum menguasai materi yang diajarkan guru.
Dalam
 melaksanakan analisis butir soal, para penulis soal dapat menganalisis 
secara kualitatif, dalam kaitan dengan isi dan bentuknya, dan 
kuantitatif dalam kaitan dengan ciri-ciri statistiknya (Anastasi dan 
Urbina, 1997: 172) atau prosedur peningkatan secara 
judgment dan prosedur peningkatan secara empirik (Popham, 1995: 195). Analisis kualitatif
judgment dan prosedur peningkatan secara empirik (Popham, 1995: 195). Analisis kualitatif
Komentar
Posting Komentar