I. PENDAHULUAN
A. Pengertian
Kegiatan
menganalisis butir soal merupakan suatu kegiatan yang harus dilakukan
guru untuk meningkatkan mutu soal yang telah ditulis. Kegiatan ini
merupakan proses pengumpulan, peringkasan, dan penggunaan informasi dari
jawaban siswa untuk membuat keputusan tentang setiap penilaian (Nitko,
1996: 308). Tujuan penelaahan adalah untuk mengkaji dan menelaah setiap
butir soal agar diperoleh soal yang bermutu sebelum soal digunakan.
Di samping itu, tujuan analisis butir soal juga untuk membantu meningkatkan tes melalui revisi atau membuang soal yang tidak efektif, serta untuk mengetahui informasi diagnostik pada siswa apakah mereka sudah/belum memahami materi yang telah diajarkan (Aiken, 1994: 63). Soal yang bermutu adalah soal yang dapat memberikan informasi setepat-tepatnya sesuai dengan tujuannya di antaranya dapat menentukan peserta didik mana yang sudah atau belum menguasai materi yang diajarkan guru.
Di samping itu, tujuan analisis butir soal juga untuk membantu meningkatkan tes melalui revisi atau membuang soal yang tidak efektif, serta untuk mengetahui informasi diagnostik pada siswa apakah mereka sudah/belum memahami materi yang telah diajarkan (Aiken, 1994: 63). Soal yang bermutu adalah soal yang dapat memberikan informasi setepat-tepatnya sesuai dengan tujuannya di antaranya dapat menentukan peserta didik mana yang sudah atau belum menguasai materi yang diajarkan guru.
Dalam
melaksanakan analisis butir soal, para penulis soal dapat menganalisis
secara kualitatif, dalam kaitan dengan isi dan bentuknya, dan
kuantitatif dalam kaitan dengan ciri-ciri statistiknya (Anastasi dan
Urbina, 1997: 172) atau prosedur peningkatan secara
judgment dan prosedur peningkatan secara empirik (Popham, 1995: 195). Analisis kualitatif
judgment dan prosedur peningkatan secara empirik (Popham, 1995: 195). Analisis kualitatif
Komentar
Posting Komentar