A. Sekilas tentang Skinner
Prinsip-prinsip utama pandangan Skinner:
a) Descriptive
behaviorism, pendekatan eksperimental yang sistematis pada perilaku
yang spesifik untuk mendapatkan hubungan S-R. Pendekatannya induktif.
Dalam hal ini pengaruh Watson jelas terlihat
b) Empty organism, menolak adanya proses internal pada individu.
c) Menolak
menggunakan metode statistical, mendasarkan pengetahuannya pada subyek
tunggal atau subyek yang sedikit namun dengan manipulasi eksperimental
yang terkontrol dan sistematis.
a) Salah seorang psikolog yang pandangannya paling berpengaruh dan banyak dirujuk oleh para psikolog lainnya
b) Mengembangkan
sejumlah prinsip-prinsip psikologis yang cukup terbukti aplikatif
terhadap masalah-masalah perilaku yang nyata karena didukung oleh
hasil-hasil eksperimen yang jelas
c) Memberikan ide kreatif dan baru bagi metode dalam belajar dan terapi yang konvensional
Konsep-konsep utama yang dikembangkan oleh B. F Skinner adalah sebagai berikut:
c) Memberikan ide kreatif dan baru bagi metode dalam belajar dan terapi yang konvensional
Konsep-konsep utama yang dikembangkan oleh B. F Skinner adalah sebagai berikut:
a) Proses operant conditioning:
1) perilaku namun dalam kadar peningkatan dan intensitas yang berbeda-beda.
2)Discrimination : organisma dapat diajarkan untuk berespon hanya pada suatu stimulus dan tidak pada stimulus lainnya. Caranya adalah secara konsisten memberi reinforcement hanya pada respon bagi stimulus yang diinginkan dan tidak pada respon terhadap stimulus
1) perilaku namun dalam kadar peningkatan dan intensitas yang berbeda-beda.
2)Discrimination : organisma dapat diajarkan untuk berespon hanya pada suatu stimulus dan tidak pada stimulus lainnya. Caranya adalah secara konsisten memberi reinforcement hanya pada respon bagi stimulus yang diinginkan dan tidak pada respon terhadap stimulus
Memilah
perilaku menjadi respondent behavior dan operant behavior. Respondent
terjadi pada kondisioning klasik, dimana reinforcement mendahului
UCR/CR. Dalam kondisi sehari-hari yang lebih sering terjadi adalah
operant behavior dimana reinforcement terjadi setelah response.
3)
Positive dan negative reinforcers [kehadirannya PR menguatkan perilaku
yang muncul, sedangkan justru ketidakhadiran NR yang akan menguatkan
perilaku].
4) Extinction: hilangnya perilaku akibat dari dihilangkannya reinforcers
5) Schedules of reinforcement, berbagai variasi dalam penjadwalan pemberian reinforcement dapat meningkatkan lainnya.
6)
Secondary reinforcement, adalah stimulus yang sudah melalui proses
pemasangan/kondisioning dengan reinforcer asli sehingga akhirnya bisa
mendapatkan efek reinforcement sendiri. Dalam kenyataan riil kehidupan
manusia, hampir semua yang kita anggap sebagai reinforcement adalah
secondary reinforcer.
7)
Aversive conditioning, proses kondisioning dengan melibatkan suasana
tidak menyenangkan. Hal ini dilakukan dengan punishment. Reaksi
organisme adalah escape atau avoidance.
b)Behavior Modification
Adalah
penerapan dari teori Skinner, sering juga disebut sebagai behavior
therapy. Merupakan penerapan dari shaping (pembentukan TL bertahap),
penggunaan positive reinforcement secara selektif, dan extinction.
Pendektan ini banyak diterapkan untuk mengatasi gangguan perilaku.
B. Kesimpulan
Dari
eksperimen yang dilakukan B.F. Skinner terhadap tikus dan selanjutnya
terhadap burung merpati menghasilkan hukum-hukum belajar, diantaranya :
Law of operant conditining yaitu jika timbulnya perilaku diiringi dengan stimulus penguat, maka kekuatan perilaku tersebut akan meningkat. Law of operant extinction yaitu jika timbulnya perilaku operant telah diperkuat melalui proses conditioning itu tidak diiringi stimulus penguat, maka kekuatan perilaku tersebut akan menurun bahkan musnah. Operant adalah sejumlah perilaku yang membawa efek yang sama terhadap lingkungan. Respons dalam operant conditioning terjadi tanpa didahului oleh stimulus, melainkan oleh efek yang ditimbulkan oleh reinforcer.
Law of operant conditining yaitu jika timbulnya perilaku diiringi dengan stimulus penguat, maka kekuatan perilaku tersebut akan meningkat. Law of operant extinction yaitu jika timbulnya perilaku operant telah diperkuat melalui proses conditioning itu tidak diiringi stimulus penguat, maka kekuatan perilaku tersebut akan menurun bahkan musnah. Operant adalah sejumlah perilaku yang membawa efek yang sama terhadap lingkungan. Respons dalam operant conditioning terjadi tanpa didahului oleh stimulus, melainkan oleh efek yang ditimbulkan oleh reinforcer.
Reinforcer itu sendiri pada dasarnya adalah stimulus yang meningkatkan
kemungkinan timbulnya sejumlah respons tertentu, namun tidak sengaja
diadakan sebagai pasangan stimulus lainnya seperti dalam classical
conditioning.
C. Kritik terhadap Skinner
a) Pendekatannya yg lebih bersifat deskriptif dan kurang analitis dianggap kurang valid sebagai sebuah teori b) Validitas dari kesimpulan yang diambilnya yang merupakan generalisasi berlebihan dari satu konteks perilaku kepada hampir seluruh perilaku umum
c) Pandangan ‘empty organism’ mengundang kritik dari pendukung aspek biologis dan psikologi kognitif yang percaya pada kondisi internal mansuia, entah itu berupa proses biologis atau proses mental.
C. Kritik terhadap Skinner
a) Pendekatannya yg lebih bersifat deskriptif dan kurang analitis dianggap kurang valid sebagai sebuah teori b) Validitas dari kesimpulan yang diambilnya yang merupakan generalisasi berlebihan dari satu konteks perilaku kepada hampir seluruh perilaku umum
c) Pandangan ‘empty organism’ mengundang kritik dari pendukung aspek biologis dan psikologi kognitif yang percaya pada kondisi internal mansuia, entah itu berupa proses biologis atau proses mental.
Komentar
Posting Komentar