A. Sekilas tentang Edward Chace Tolman
Edward Chace Tolman (1886 - 1959) adalah seorang Amerika psikolog. Ia paling terkenal atas studi tentang perilaku psikologi.
Lahir
di West Newton, Massachusetts, saudara CalTech fisika Richard Chace
Tolman, Edward C. Tolman studi di Massachusetts Institute of Technology,
dan ia menerima Ph.D. dari Universitas Harvard pada 1915. Sebagian
besar telah menghabiskan karirnya di University of California, Berkeley
(1918-1954), di mana dia mengajar psikologi.
Tolman
yang terbaik dikenal untuk studi belajar di tikus menggunakan mazes,
dan ia menerbitkan artikel banyak percobaan, yang karya-Nya dengan
Ritchie dan Kalish pada 1946 adalah mungkin yang paling berpengaruh. Nya
kontribusi utama teori datang di buku 1932, tetap dalam Perilaku
Binatang dan laki-laki, dan dalam serangkaian karya dalam Psychological
Review, "The menentukan perilaku dari pilihan di titik" (1938) dan
"Cognitive peta dalam tikus dan laki-laki" (1948), dan "Prinsip kinerja"
(1955)
Meskipun
telah Tolman tegas behaviorist dalam metodologi, dia tidak radikal
behaviorist seperti BF Skinner. Sebagai judul buku dari 1932 itu
menunjukkan, dia ingin menggunakan perilaku metode untuk memperoleh
pemahaman tentang proses mental manusia dan hewan lainnya. Dalam studi
belajar di tikus, Tolman berusaha untuk membuktikan bahwa binatang dapat
mempelajari fakta-fakta tentang dunia yang mereka kemudian dapat
digunakan dalam cara yang fleksibel, bukan hanya belajar otomatis
tanggapan yang tidak dipicu oleh stimuli lingkungan.
Dalam
bahasa waktu, Tolman adalah "SS" (rangsangan-rangsangan), non-penguatan
teoretikus ia drew pada psikologi Gestalt untuk menyatakan bahwa
binatang dapat mempelajari hubungan antara stimuli dan tidak memerlukan
eksplisit biologis untuk membuat event penting belajar terjadi. Hal ini
dikenal sebagai latent belajar. Teori yang saingan, yang lebih
mechanistic "SR" (stimulus-respon) memperkuat pandangan-driven, telah
diambil oleh Clark L. Hull.
Kunci
kertas oleh Tolman, Ritchie Kalish pada 1946 dan menunjukkan bahwa
tikus yang dieksplorasi yang membingungkan yang berisi makanan ketika
lapar mereka tidak mampu untuk menjalankannya dengan benar pada
percobaan pertama ketika mereka masuk itu harus dilakukan sekarang
lapar. Namun, Hull dan pengikutnya mampu menghasilkan alternatif
penjelasan Tolman dari temuan, dan perdebatan antara SS dan SR belajar
teori menjadi semakin sulit dan steril. Skinner's iconoclastic kertas
dari tahun 1950, berjudul "Apakah teori belajar diperlukan?" persuaded
banyak psikolog tertarik pada hewan belajar yang lebih produktif untuk
memfokuskan pada perilaku itu sendiri daripada menggunakannya untuk
membuat hypotheses tentang status mental. Pengaruh Tolman ide ditolak
pesat di tahun 1950-an dan 1960-an nanti. Namun, prestasi itu sudah
cukup.
Tahun
1938 dan 1955 kertas, yang diproduksi untuk Hull dari biaya yang dia
meninggalkan tikus "dikubur dalam pemikiran" dalam membingungkan, tidak
dapat merespon, diantisipasi dan disiapkan tanah banyak waktu untuk
bekerja di psikologi kognitif, sebagai psikolog mulai menemukan dan
menerapkan keputusan teori - suatu aliran kerja yang diakui oleh
penghargaan dari hadiah Nobel untuk Daniel Kahneman pada tahun 2002.
1948 kertas dan memperkenalkan konsep dari peta kognitif, yang memiliki
aplikasi luas ditemukan hampir di setiap bidang psikologi, sering di
antara para ilmuwan yang tidak tahu bahwa mereka menggunakan gagasan
pertama dirumuskan untuk menjelaskan perilaku tikus di mazes.
Selain
itu, ketika pada seperempat abad kedua puluh hewan psikolog mengambil
dunia dari keberhasilan kognitif psikologi manusia, dan mulai untuk
memperbarui ilmu hewan kesadaran, banyak dari mereka beralih ke Tolman
gagasan dan teknik kepada membingungkan. Dari tiga angka dari hewan
besar psikologi di tengah abad kedua puluh, Tolman, Skinner dan Hull,
akan dapat cukup diklaim bahwa Tolman's legacy yang sedang di liveliest,
tentunya dalam hal penelitian akademik.
Tolman
begitu banyak khawatir bahwa psikologi harus diterapkan dan untuk
mencoba memecahkan masalah manusia, dan sebagai tambahan kepada teknis
publikasi, ia menulis buku yang disebut Drives Pada Perang. Dia adalah
salah satu senior yang profesor di Universitas California berusaha untuk
membubarkan di McCarthyite era awal 1950-an, karena ia menolak untuk
menandatangani sebuah sumpah kesetiaan - bukan karena ada kekurangan
merasa loyalitas ke Amerika Serikat, tetapi karena pada infringed
kebebasan akademik. Tolman adalah seorang pemimpin yang tahan dari
sumpah, dan ketika Regents dari University of
California dicari ke api, ia digugat.
Hasil
pengadilan kasus, Tolman ayat Underhill, dipimpin California ke
Mahkamah Agung pada tahun 1955 overturning mempersumpahkan dan memaksa
semua hak mereka yang telah menolak untuk menandatanganinya Pada tahun
1963, di kemudian desakan dari Presiden University of California Clark
Kerr, Universitas yang baru dibangun bernama Pendidikan dan bangunan di
fakultas Psikologi Berkeley "Tolman Hall" di kehormatan; janda itu telah
hadir pada upacara peresmian. Potretnya di pintu masuk gedung aula.
Psikologi
Gestalt bermula pada lapangan pengamatan ( persepsi ) dan mencapai
sukses yang terbesar juga dalam lapangan ini. Demonstrasinya mengenai
peranan latar belakang dan organisasinya terhadap proses-proses yang
diamati secara fenomenal demikian meyakinkan sehingga boleh dikatakan
tidak dapat di bantah. Ketika para ahli Psikologi Gestalt beralih dari
masalah pengamatan ke masalah belajar, maka hasil-hasil yang telah kuat /
sukses dalam penelitian mengenai pengamatan itu dibawanya dalam studi
mengenai belajar . Karena asumsi bahwa hukum –hukum atau prinsip-prinsip
yang berlaku pada proses pengamatan dapat ditransfer kepada hal
belajar, maka untuk memahami proses belajar orang perlu memahami
hukum-hukum yang menguasai proses pengamatan itu.
Pada
pengamatan itu menekankan perhatian pada bentuk yang terorganisasi
(organized form) dan pola persepsi manusia . Pemahaman dan persepsi
tentang hubungan-hubungan dalam kebulatan (entities) adalah sangat
esensial dalam belajar. Psikologi Gestalt ini terkenal juga sebagai
teori medan (field) atau lazim disebut cognitive field theory. Kelompok
pemikiran ini sependapat pada suatu hal yakni suatu prinsip dasar bahwa
pengalaman manusia memiliki kekayaan medan yang memuat fenomena
keseluruhan lebuh dari pada bagian- bagiannya.
B. Kesimpulan
Keseluruhan ini memberikan beberapa prinsip belajar yang penting, antara lain :
1.Manusia
bereaksi dengan lingkunganya secara keseluruhan, tidak hanya secara
intelektual, tetapi juga secara fisik, emosional,sosial dan sebagainya
2.Belajar adalah penyesuaian diri dengan lingkungan.
3.Manusia berkembang sebagai keseluruhan sejak dari kecil sampai dewasa, lengkap dengan segala aspek-aspeknya.
4.Belajar adalah perkembangan kearah diferensiasi ynag lebih luas.
5.Belajar hanya berhasil, apabila tercapai kematangan untuk memperoleh insight.
6.Tidak mungkin ada belajar tanpa ada kemauan untuk belajar, motivasi membei dorongan yang mengerakan seluruh organisme.
7.Belajar akan berhasil kalau ada tujuan.
8.Belajar merupakan suatu proses bila seseorang itu aktif, bukan ibarat suatu bejana yang diisi.
Belajar sangat menguntungkan untuk kegiatan memecahakan masalah. Hal ini nampaknya juga relevan dengan konsep teori belajar yang diawali dengan suatu pengamatan. Belajar memecahkan masalah diperlukan suatu pengamatan secara cermat dan lengkap. Kemudian bagaiman seseorang itu dapat memecahknan masalah merurut J. Dewey ada 5 upaya pemecahannya yakni:
2.Belajar adalah penyesuaian diri dengan lingkungan.
3.Manusia berkembang sebagai keseluruhan sejak dari kecil sampai dewasa, lengkap dengan segala aspek-aspeknya.
4.Belajar adalah perkembangan kearah diferensiasi ynag lebih luas.
5.Belajar hanya berhasil, apabila tercapai kematangan untuk memperoleh insight.
6.Tidak mungkin ada belajar tanpa ada kemauan untuk belajar, motivasi membei dorongan yang mengerakan seluruh organisme.
7.Belajar akan berhasil kalau ada tujuan.
8.Belajar merupakan suatu proses bila seseorang itu aktif, bukan ibarat suatu bejana yang diisi.
Belajar sangat menguntungkan untuk kegiatan memecahakan masalah. Hal ini nampaknya juga relevan dengan konsep teori belajar yang diawali dengan suatu pengamatan. Belajar memecahkan masalah diperlukan suatu pengamatan secara cermat dan lengkap. Kemudian bagaiman seseorang itu dapat memecahknan masalah merurut J. Dewey ada 5 upaya pemecahannya yakni:
1.Realisasi adanya masalah. Jadi harus memehami apa masalahnya dan juga harus dapat merumuskan
2.Mengajukan hipotesa, sebagai suatu jalan yang mungkin memberi arah pemecahan masalah.
3.Mengumpulkan data atau informasi, dengan bacaan atau sumber-sumber lain.
4.Menilai dan mencobakan usah pembuktian hipotesa dengan keterangan-keterangan yang diperoleh.
5.Mengambil kesimpulan, membuat laporan atau membuat sesuatu dengan hasil pemecahan soal itu.
2.Mengajukan hipotesa, sebagai suatu jalan yang mungkin memberi arah pemecahan masalah.
3.Mengumpulkan data atau informasi, dengan bacaan atau sumber-sumber lain.
4.Menilai dan mencobakan usah pembuktian hipotesa dengan keterangan-keterangan yang diperoleh.
5.Mengambil kesimpulan, membuat laporan atau membuat sesuatu dengan hasil pemecahan soal itu.
Teori
medan ini mengibaratkan pengalaman manusia sebagai lagu atau melodi
yang lebih daripada kumpulan not, demikian pila pengalaman manusia tidak
dapat dipersepsi sebagai sesuatu yang terisolasi dari lingkungannya.
Dengan kata lain berbeda dengan teori asosiasi maka toeri medan ini
melihat makna dari suatu fenomena yang relatif terhadap lingkungannya.
Sesuatu dipersepsi sebagai pendek jika objek lain lebih panjang. Warna
abu-abu akan terlihat lebih cerah pada bidang berlaatr belakang hitam
pekat. Warna abu-abu akan terliaht biru pada latar berwarna kuning.
Belajar
melibatkan proses mengorganisasikan pengalaman-pengalaman kedalam
pola-pola yang sistematis dan bermakna. Belajar bukan merupakan
penjumalahan (aditif), sebaliknya belajar mulai dengan mempersepsi
keseluruhan, lambat laun terjadi proses diferensiasi, yakni
menangkapbagian bagian dan detail suatu objek pengalaman. Dengan
memahami bagian / detail, maka persepsi awalakan keseluruhan objek yang
semula masih agak kabur menjadi semakin jelas.
Belajar
menurut paham ini merupakan bagian dari masalah yang lebih besar yakni
mengorganisasikan persepsi kedalam suatu struktur yang lebih kompleks
yang makin menambah pemahaman akan medan. Medan diartikan
sebagaikeseluruhan dunia yang bersifat psikologis. Seseorang meraksi
terhadap lingkungan seauai dengan persepsinya terhadap lingkungan pada
saat tersebut. Manusia mempersepsi lingkungan secara selektif, tidak
semua objek masuk kedalam fokus persepsi individu, sebagian berfungsi
hanya sebagai latar.
Tekanan
ke-2 pada psikologi medan ini adalah sifat bertujuandari prilaku
manusia. Individu menetaokan tujuan berdasarkan tilikan (insight)
terhadap situasi yang dihadapinya. Prilakunya akan dinilai cerdas atau
dungu tergantung kepada memdai atau tidaknya pemahamanya akan situasi
Dalam hukum-hukum belajar Gestalt ini ada satu hukum pokok , yaitu hukum Pragnaz, dan empat hukum tambahan (subsider) yang tunduk kepada hukum yang pokok itu,yaitu hukum –hukum keterdekatan , ketertutupan, kesamaan , dan kontinuitas.
Dalam hukum-hukum belajar Gestalt ini ada satu hukum pokok , yaitu hukum Pragnaz, dan empat hukum tambahan (subsider) yang tunduk kepada hukum yang pokok itu,yaitu hukum –hukum keterdekatan , ketertutupan, kesamaan , dan kontinuitas.
Komentar
Posting Komentar